3 Perbedaan LDKS dan MPLS dari Berbagai Aspek

perbedaan LDKS dan MPLS

Kata LDKS dan MPLS mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelajar. Kedua kegiatan ini umumnya selalu dilaksanakan di berbagai institusi pendidikan. Meskipun kedua kata ini populer, namun banyak orang yang masih belum mengetahui apa perbedaan LDKS dan MPLS.

Banyak institusi pendidikan yang sudah mengadakan kegiatan LDKS dan MPLS untuk para siswanya. Kedua kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk siswa, salah satunya memperluas relasi antar siswa. Akan tetapi, tahukah anda apa saja perbedaan LDKS dan MPLS di sekolah?

Apa Saja Perbedaan LDKS dan MPLS di Lingkungan Sekolah?

Saat ini banyak institusi pendidikan yang sudah mulai gencar untuk melaksanakan kegiatan MPLS dan LDKS bagi para siswanya, pasalnya kegiatan ini memiliki tujuan jelas serta memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh siswa.

Meskipun kedua kegiatan ini banyak dilaksanakan di berbagai institusi pendidikan. Akan tetapi, perbedaan ini memiliki perbedaan yang cukup jauh, lho. perbedaan MPLS dan LDKS terletak pada aspek pengertian, tujuan, manfaat yang didapatkan oleh siswa, dan sebagainya.

Mau tau apa saja perbedaan kegiatan LDKS dan MPLS di lingkungan sekolah? Yuk, simak penjelasan Rejekidilammar selengkapnya di sini sekarang juga!

1. Kegiatan MPLS dan LDKS Memiliki Definisi yang Berbeda

perbedaan LDKS dan MPLS mendasar kegiatan ini terletak dari definisinya. MPLS merupakan singkatan dari masa perkenalan lingkungan sekolah.

MPLS adalah suatu kegiatan yang dilangsungkan oleh institusi pendidikan kepada para siswanya guna memperkenalkan lingkungan baru sekolah.

Perkenalan-perkenalan tersebut meliputi memperkenalkan fasilitas sekolah, memperkenalkan siswa dengan guru, serta memperkenalkan siswa dengan senior. Kegiatan MPLS tentunya wajib diikuti oleh seluruh siswa.

Beda halnya dengan kegiatan LDKS yang merupakan singkatan dari latihan dasar kepemimpinan siswa. LDKS adalah suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa ketika akan memasuki suatu organisasi.

Kegiatan LDKS tentunya memiliki banyak manfaat yang bisa siswa dapatkan, salah satunya menumbuhkan jiwa kepemimpinan di diri siswa.

2. Memiliki Tujuan yang Berbeda Antara Kegiatan LDKS dan MPLS

Kegiatan LDKS dan MPLS pada dasarnya memiliki tujuan yang berbeda. kegiatan MPLS memiliki tujuan membantu setiap siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan semangat belajar serta motivasi dalam diri siswa,

Tidak hanya itu saja, tujuan perbedaan LDKS dan MPLS paling penting kegiatan MPLS ini adalah mengenali potensi diri siswa dan mengembangkan interaksi positif sesama siswa di lingkungan sekolah.

Sementara tujuan LDKS yaitu meningkatkan kreativitas siswa, membangun jiwa pemimpin bijaksana, mengasah pengetahuan mengenai leadership, untuk mempererat kerjasama antar tim, serta membangun karakter pribadi menjadi lebih kuat.

Umumnya kegiatan LDKS wajib diikuti oleh seluruh siswa yang akan menjadi anggota organisasi tertentu.

3. Materi yang Diberikan Berbeda

perbedaan LDKS dan MPLS yang cukup signifikan antara keduanya terletak dari segi materi yang diberikan. Pada masa pengenalan lingkungan sekolah peserta akan diberikan materi berupa cara belajar yang efektif, kegiatan kesiswaan di lingkungan sekolah, dan pendidikan karakter.

Sedangkan dalam kegiatan LDKS siswa akan mendapatkan materi berupa kepemimpinan atau leadership, kepengurusan organisasi, manajemen organisasi, meembangun jiwa pemimpin bijaksana generasi milenial, dan sebagainya.

Nah, itulah artikel beberapa perbedaan LDKS dan MPLS yang wajib anda ketahui. Kedua kegiatan ini tentunya memiliki definisi, manfaat, tujuan dan materi yang berbeda-beda, umumnya kedua kegiatan ini dilaksanakan pada saat ajaran baru di suatu institusi pendidikan.

Jadi, sudah mulai tau apa saja perbedaan LDKS dan MPLS, bukan?

error: Content is protected !!