4 Game untuk LDKS Asyik!

game untuk LDKS

Bingung cari game untuk LDKS yang tidak membosankan? Simak rekomendasi game LDKS pada artikel ini. Permainan adalah salah satu cara mudah yang dapat diterapkan guru untuk melatih kemampuan siswa agar tidak bosan dengan materi yang disampaikan.

Nah, apa maksud dari LDKS? Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan gambaran konkret kepada calon pemimpin (pengurus organisasi sekolah). Dengan LDK ini, diharapkan calon pengurus bisa menjadi loyal, disiplin dan siap menjadi pemimpin.

Rekomendasi Game untuk LDKS 

Seperti yang sudah dijelaskan, tujuan LDKS adalah menumbuhkembanhkan potensi siswa dalam bidang kepemimpinan, bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, dan bagaimana menjadi pengurus, menjadi staf atau bawahan yang baik.

Pada umumnya, metode yang sering dipakai dalam pelaksanaan LDKS adalah metode Experiential Learning atau disebut Outbound Training. Metode ini mengajak para peserta melakukan pangalaman berupa tantangan dalam bentuk simulasi, games, dan lainnya.

Pelatihan LDKS ini juga menggunakan pendekatan edutainment. Sehingga peserta dapat belajar dengan nyaman, bersemangat, senang dan penuh kreativitas. Selama ini pula kepada peserta yang ditanamkan prinsip untuk berpikir positif, disiplin, antusias dan sportif.

Nah, dibawah ini beberapa rekomendasi game untuk LDKS yang dijamin tidak akan membuat bosan seluruh peserta.

1. Remote Control 

Pada game remote control ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemimpin dalam memberikan komando kepada anak buahnya menuju pada target yang dituju.

Alur permainan: panitia sudah menyediakan rute dengan beberapa rintangan. Kemudian peserta disuruh berbaris satu banjar serta berpegangan pada pundak teman di depannya dengan kondisi mata tertutup.

Satu dari anggota ditunjuk sebagai pemimpin yang akan memandu anak buahnya berjalan menuju target dengan hanya memberi komando berupa suara saja dari jauh.

2. Squitwod

Kerjasama kelompok (teamwork) adalah tujuan dari game ini. Masing-masing regu akan diikat satu kaki dengan satu tangannya menjadi satu, sehingga akan nampak sesuatu yang bertangan dan berkaki banyak.

Kemudian tiap regu akan berlomba untuk mencapai garis finish dengan cepat. Game  untuk LDKS ini adalah penjabaran dari permainan serompa dengan sedikit modifikasi.

3. Power Brain

Rekomendasi game untuk LDKS selanjutnya adalah power brain. Tujuan game ini adalah membuktikan kemampuan pemimpin dalam menentukan keputusan. Karena sejahtera atau tidaknya anak buah akan mempengaruhi keberhasilan organisasi yang ia pimpin.

Alur permainan: siapkan dua kelompok yang akan bertanding. Masing-masing regu diberikan tongkat pemikul dan plastik berisi pasir sebanyak 20 kantong dengan berat 3kg. Setiap regu menyiapkan 5 orang dan salah satunya sebagai pemimpin.

Satu dari 4 anggota memegang tongkat pemukul  di bahu dan diberi beban 2 kantong.

Setiap 30 detik akan ditambah 2 kantor lagi sampai beban nantinya tidak sanggup dipikul. Nah, tugas pemimpin adalah mengambil keputusan kapan saatnya berganti pemain.

4. Kelereng Estafet

Rekomendasi yang tak kalah seru berikutnya adalah game kelereng estafet. Ketangkasan dan kerjasama yang bagus adalah kunci keberhasilan dari dalam menyelesaikan game satu ini.

Dimana sepuluh orang yang ada dalam satu regu akan diberi 5 buah pipa dengan panjang 30 cm. Tugasnya adalah memindahkan kelereng dari ember untuk dimasukan ke dalam botol dengan cara melalui pipa tersebut secara estafet.

Demikian artikel Rejeki tentang 5 rekomendasi game untuk LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang bisa dicoba untuk melatih sifat kepemimpinan dan tanggungjawab semua peserta.

Sekian dari kami, semoga ulasan game untuk LDKS bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

error: Content is protected !!