4 Perbedaan Camping dan Piknik dari Berbagai Aspek

perbedaan camping dan piknik

Camping dan piknik merupakan dua hal yang berbeda. Namun, banyak yang menganggap camping sebagai piknik begitupun sebaliknya. Untuk itu, Anda pun perlu tahu perbedaan camping dan piknik.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan camping dan piknik. Keduanya memang memiliki pengertian masing-masing dimana memiliki perbedaan. Lantas, apa sih beda camping dan piknik? Cari tahu penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Camping dan Piknik

Sebelum mengetahui perbedaan camping dan piknik, Anda bisa melihat dulu perbedaan camping dan piknik berdasarkan pengertiannya. Berikut akan dipaparkan mengenai pengertian dari piknik maupun pengertian camping.

1. Pengertian Camping

Camping adalah suatu aktivitas untuk pergi berkemah. Kemah dalam hal ini biasanya dilakukan dengan bermalam di hutan.

2. Pengertian Piknik

Sementara itu, piknik adalah suatu aktivitas berpiknik dimana biasanya dilakukan di siang hari pada tempat terbuka. Banyak anggapan juga bahwa piknik ini aktivitas makan-makan dengan membawa bekal makanan kemudian dimakan bersama ketika siang hari.

Perbedaan Camping dan Piknik

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu mengenai perbedaan camping dan piknik ditinjau dari beberapa aspek. Yuk simak bersama perbedaannya:

1. Waktu

Satu hal pertama yang menjadi perbedaan antara camping dan piknik ialah dari segi waktu. Camping sendiri biasanya dilakukan semalaman baik hitungan hari ataupun berhari-hari. Camping ini bisa dikatakan sebagai aktivitas menginap sehingga melewati malam hari di luar rumah.

Sementara itu, piknik sendiri tidak selalu dilakukan hingga malam hari. Kebanyakan aktivitas piknik dilakukan dengan makan siang hari. Oleh karena itu, bisa disimpulkan jika camping dilakukan semalaman sementara untuk piknik dilakukan di siang hari.

2. Aktivitas yang Dilakukan

Untuk camping, aktivitas yang dilakukan cenderung aktivitas malam hari seperti bermain api unggun, menyanyi, jurit malam, dan hal-hal sebagainya. Biasanya camping ini digunakan sebagai aktivitas kegiatan pramuka pada anak sekolah.

Sementara piknik menjadi aktivitas hiburan misalnya ketika berlibur, refreshing, dan kegiatan makan-makan bersama di ruang ruangan. Piknik ini cenderung lebih santai karena menikmati pemandangan yang ada.

3. Tempat yang Digunakan

Camping membutuhkan tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Oleh karena itu kamping dilakukan di tanah lapang yang luas misalnya gunung, bukit, pantai, dan hutan. Kamping ini akan semakin seru apabila dilakukan di alam terbuka yang masih natural.

Sementara untuk piknik dapat dilakukan di area tempat wisata khususnya alam terbuka. Piknik ini lebih fleksibel dilakukan di berbagai tempat yang tentunya menawarkan keindahan. Piknik bisa juga dilakukan di pantai, di taman, di danau, dan tempat-tempat yang lain dan memungkinkan untuk berpiknik.

4. Alat yang Digunakan

Untuk camping karena merupakan aktivitas bermalam membutuhkan beberapa peralatan untuk menginap seperti tenda, kompor untuk memasak, selimut tebal, senter, lampu dan hal-hal lain sesuai aktivitas yang akan berlangsung.

Sementara piknik sebagai aktivitas hiburan biasanya hanya membutuhkan tikar untuk duduk bersama di tanah lapang, juga bekal yang hendak digunakan untuk makan siang bersama. Biasanya piknik ini berlangsung lebih singkat yakni dari pagi hingga sore saja.

Dari penjelasan perbedaan camping dan piknik yang telah disebutkan bisa dikatakan bahwa camping ialah aktivitas untuk menginap semalaman di suatu tempat terbuka menggunakan tenda.

Sementara piknik ialah aktivitas untuk melepas penas dengan refreshing pada tempat wisata tertentu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai perbedaan camping dan piknik. Semoga beberapa perbedaan dari Rejekidilammar tersebut bisa membuat Anda semakin paham mengenai beda diantara keduanya.

error: Content is protected !!