5 Jenis Permainan Outbound Seru 2022

jenis permainan outbound

Kegiatan outbound memang seru dan membuat tubuh aktif bergerak. Ada berbagai jenis permainan outbound yang bisa kamu coba. Permainan outbound tersebut biasanya sering dimainkan untuk kegiatan training.

Apa Itu Permainan Outbound?

Meski terdengar umum, tapi sebenarnya apa itu permainan outbound ?. Permainan outbound merupakan jenis permainan yang bagus untuk mengasah intelegensi, mental, dan fisik. Permainan ini melatih kekuatan fisik dan otak yang mengharuskan pemainnya aktif bergerak.

Sesuai dengan namanya, jenis permainan outbound adalah kegiatan yang diadakan di luar ruangan. Seorang cendekiawan asal Jerman yang pertama kali memperkenalkan permainan tersebut sebagai ilmu dan terapan pendidikan yang inovatif.

Banyak yang mengatakan pula permainan outbound sebagai permainan kerja sama karena umumnya terdiri dari beberapa tim. Namun, yang pasti permainan ini bukanlah permainan yang hanya terdiri dari satu orang.

Sekarang ini, jenis permainan outbound menyesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya orang dewasa yang bisa memainkan permainan tersebut, tapi juga anak-anak. Kini, sudah banyak permainan outbound khusus anak-anak atau bahkan lanjut usia (lansia).

Banyak yang berpikir permainan tersebut hanya bisa dilakukan di luar ruangan. Namun, saat ini sudah banyak yang menyediakan permainan outbound indoor. Untuk itu, tidak perlu khawatir soal cuaca hujan dan sebagainya jika ingin memainkan permainan tersebut.

5 Manfaat Permainan Outbound

Mengapa kegiatan training atau pada acara tertentu sering ada outbound? Outbound bukanlah sekadar permainan biasa. Ada banyak manfaat permainan outbound sehingga banyak training yang menyisipkan outbound di dalamnya. Simak, beberapa manfaat permainan tersebut di sini.

1. Membuat tubuh lebih fresh

Permainan outbound termasuk permainan yang membuat pemainnya aktif bergerak atau setidaknya berpikir. Tentu hal ini akan meningkatkan daya gerak dan pola pikir sehingga membuat tubuh menjadi lebih fresh.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak kegiatan training memilih aktivitas outbound. Dengan bermain outbound, pemain akan lebih fresh terlepas dari berbagai rutinitas kerja atau aktivitas sekolah.

2. Meningkatkan silaturahmi

Perusahaan, institusi, lembaga kerja, atau bahkan keluarga tidak jarang mengisi waktu liburan dengan bermain outbound. Mengapa demikian?

Meski ada permainan outbound individu, secara umumnya pemain memainkannya dengan cara berkelompok sehingga perlu kekompakkan. Permainan ini akan membuat masing-masing pemain bekerja sama untuk memenangkan pertandingan.

Secara tidak langsung, ada interaksi di antara pemain sehingga meningkatkan emosi dan kedekatan satu sama lain. Hal ini akan membantu meningkatkan silaturahmi antar pemain.

3. Melatih kecerdasan dan kerja sama tim

Seperti penjelasan di awal, permainan ini memiliki tujuan untuk melatih intelegensia. Permainan tersebut berisi bermacam-macam games yang membuat pemainnya tidak hanya bergerak, tapi juga berpikir.

Terkadang ada permainan teka-teki yang mendorong pemain untuk berpikir keras agar mampu memecahkannya. Hal ini akan melatih kecerdasan para pemain.

Selain itu, jenis permainan outbound yang terdiri dari beberapa orang tersebut membutuhkan kekompakkan untuk mencapai kemenangan. Inilah yang akan membuat kerja sama tim tercipta dan sangat cocok untuk meningkatkan solidaritas tim kerja dalam perusahaan.

4. Meningkatkan kreativitas

Selain melatih kecerdasan, permainan outbound juga mendorong kreativitas seseorang. Melalui games yang unik seperti teka-teki atau pemecahan masalah membuat para pemain harus berpikir kreatif.

5. Membangun rasa percaya diri

Saat memainkan salah satu jenis permainan outbound, pemain akan tampil di hadapan pemain lainnya. Hal tersebut akan membantu pemain yang jarang berbicara atau show up untuk lebih percaya diri terhadap kemampuannya dan aktif untuk memenangkan pertandingan.

5 Jenis Permainan Outbound 

Setelah membaca ulasan tersebut, tertarikkah untuk bermain outbound? Berikut beberapa jenis permainan outbound yang jadi referensi.

1. Permainan Outbound Kereta Terpanjang

Permainan ini termasuk contoh kegiatan outbound yang mampu meningkatkan kreativitas. Caranya, setiap pemain harus membawa benda sebagai alatnya. Setiap pemain harus menyambungkan diri dengan pemain lainnya melalui benda yang dibawa tersebut.

Kelompok yang berhasil membuat deretan terpanjang adalah pemenangnya. Permainan ini bagusnya dimainkan lebih dari lima orang.

2. Permainan Outbound Mati Lampu

Ide permainan outbound yang satu ini memang terdengar unik. Permainan ini bisa membantu meningkatkan kekompakan tim dengan jumlah pemain bisa lebih dari lima orang.

Cara memainkannya, yaitu satu tim membawa lilin bernyala menuju suatu tempat. Kemudian, tim lawan juga mendapat misi yang sama. Kedua tim tersebut memiliki kesempatan untuk membuat lilin tim lawan mati dengan cara melemparkan air ke tim lawan.

Maka, setiap tim harus membuat benteng dan menjaga agar lilin tersebut tetap hidup hingga sampai ke garis finish. Pemenangnya berdasarkan tim yang paling tercepat berhasil sampai di finish.

3. Jenis Permainan Estafet Air

Ini termasuk permainan outbound team building yang mengasyikkan karena mudah untuk memainkannya dan menggunakan air. Tim terdiri dari dua kelompok yang berisi masing-masing lima orang atau lebih.

Peraturan permainannya, yaitu setiap anggota tim berbaris ke belakang. Lalu, masing-masing tim menyalurkan ember berisi air dari depan menuju ke belakang. Air tersebut harus disalurkan melalui atas kepala dan setiap pemain dilarang menengok ke belakang.

Tim yang berhasil mengumpulkan air paling banyak dan tercepat akan menjadi pemenangnya. Permainan ini sangatlah seru karena basah-basahan sehingga membuat tubuh lebih fresh saat memainkannya.

4. Jaring Laba-Laba

Apa jenis permainan outbound yang bagus untuk berpikir strategis? Coba saja permainan jaring laba-laba. Bahannya juga sederhana, cukup menggunakan tali rafia, tusuk gigi, dan balon

Misi permainannya, yaitu setiap kelompok harus bisa melewati setiap lubang pada jaring laba-laba. Pemain harus melewati lubang yang berbeda dan tidak boleh kembali ke tempat semula.

Pemain juga harus bisa melewati jaring tersebut tanpa menyentuh tali rafianya. Apabila gagal, maka wajib mengulang dari awal. Sangat menantang permainan ini, bukan? Namun, pasti seru melihat setiap pemain harus bisa melewati rintangan tersebut.

5. Permainan Outbound Basket Air

Jenis permainan outbound lainnya yang bermanfaat untuk mengasah daya pikir strategis adalah basket air. Bahannya berupa balon yang berisi air.

Setiap tim harus memasukkan balon air tersebut ke masing-masing keranjang. Pemain harus memasukkannya dengan cara melempar atau mengopernya. Apabila balonnya pecah, maka akan diberi balon air baru dan harus mengulang.

Basket air merupakan permainan outbound anak yang cocok pula bagi orang dewasa. Permainan ini cocok pula untuk mengasah kerja sama tim.

Tidak hanya lima jenis permainan outbound, ide permainan tersebut masih ada banyak lagi. Beberapa di antaranya menara air, telur jatuh, memindahkan karet, kubus sempurna, dan sebagainya.

Itulah berbagai jenis permainan outbound yang bisa dicoba. Sebagai saran, sebaiknya juga memperhatikan kondisi peserta saat memainkan permainan ini.

Tertarik untuk bermain outbound? Melalui paket outbound puncak, berbagai jenis outbound tersebut bisa direalisasikan. Pastinya akan lebih seru karena lokasinya berada di puncak dengan suasananya yang begitu mendukung untuk aktif bergerak.

error: Content is protected !!