5 Perbedaan Glamping dan Camping yang Utama

perbedaan glamping dan camping

Bagi para penikmat liburan dengan suasana alam, tentu istilah glamping dan camping sudah tidak asing lagi di telinga. Meski sama-sama bertenda, akan tetapi dua istilah itu memiliki perbedaan, loh. Simak perbedaan glamping dan camping berikut agar Anda tidak salah tafsir.

Saat ini, banyak wisata yang menyediakan paket glamping maupun camping. Nah, agar Anda tidak salah ekspetasi, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu perbedaan dua istilah tersebut. Lantas, apa perbedaan glamping dan camping? Artikel berikut akan menjelaskan mengenai hal tersebut.

Pengertian Glamping dan Camping

Camping adalah aktivitas perkemahan yang biasa dilakukan di bumi perkemahan dengan menggunakan tenda atau barak. Lokasi yang digunakan untuk camping memiliki beberapa persyaratan. Di antaranya adalah dekat dengan sumber air, memiliki tanah yang rata, aman, dan sebagainya.

Sementara itu, berbeda dengan camping, glamping merupakan salah satu istilah yang kemuculannya relatif baru. Istilah glamping seing adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu Glamour Camping dimana digunakan untuk merujuk sebuah akomodasi yang memungkinkan Anda menikmati suasana alam terbuka dengan fasilitas lengkap dan memadai.

Dari pengertian tersebut setidaknya Anda telah memiliki pandangan terkait perbedaan glamping dan camping area. Nah, untuk lebih memahami perbedaan keduanya perhatikan berdasarkan beberapa parameter. Perbedaan glamping dan camping adalah sebagai berikut.

1. Fasilitas Antara Glamping dan Camping

Berbeda dengan camping, Glamping memberikan suasana rumah dengan kelengkapan fasilitas dan perabotan yang memadai. Meski sama-sama di alam terbuka, akan tetapi glamping memiliki fasilitas seperti sofa, kamar mandi, fasilitas hiburan, makanan, dan sebagainya.

Sementara, camping dilakukan dengan menggunakan tenda. Di mana seluruh barang persediaan harus disiapkan secara pribadi.

2. Pelayanan Camping dan Glamping

Jika camping harus menyediakan berbagai kebutuhan secara pribadi, glamping justru sebaliknya. Glamping memungkinkan Anda untuk meminta perlengkapan agar disediakan oleh petugas yang bekerja. Oleh karena itu, glamping tak jauh berbeda dengan bermalam di hotel.

Glamping sendiri mempunyai berbagai tingkatan kualitas pelayanan yang disediakan. Mulai dari yang sederhana untuk Glamping seperti tersedia kasur, sampai dengan layanan lainnya seperti kamar mandi sendiri dengan water heater, Wifi, TV Kabel, sampai dengan adanya fasilitas jacuzi. Seperti halnya hotel dari kelas melati sampai dengan hotel berbintang.

Yang membedakannya hanyalah tempat bermalam. Di mana glamping berada di alam terbuka sementara hotel bisa jadi di tengah kota. Biasanya para traveller memilih untuk Glamping Bogor. Sebab, Bogor memiliki suasana yang lebih damai dengan alam yang indah.

3. Bentuk Tenda Camping dan Glamping

Meski sama-sama bertenda, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan, khususnya pada bentuk tendanya sendiri. Bentuk tenda glamping tentu saja lebih besar dan lebih mewah. Sementara, untuk camping, tenda harus dirakit sendiri.

Tenda untuk camping didesain untuk lebih ringkas agar bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Sehinga, usai digunakan, tenda camping bisa dirapikan dengan mudah.

4. Tingkat Keamanan Camping dan Glamping

Dari segi keamanan, camping dan glamping juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Glamping memiliki keamanan yang lebih besar, karena memiliki pintu yang bisa dikunci. Sementara itu, camping hanya bisa diamankan dengan menutup tenda.

Apalagi, jika berada di alam terbuka, camping bisa saja diganggu oleh binatang buas. Sehingga, tingkat keamanan glamping jauh lebih tinggi dibanding dengan tingkat keamanan pada fasilitas camping.

5. Biaya Glamping dan Camping

Dilihat dari fasilitas dan kelengkapan hingga keamanan, harga paket glamping bisa ditafsirkan lebih tinggi dibanding dengan camping yang menggunakan fasilitas yang relatif lebih ringkas dan sederhana. Biaya Glamping sendiri dimulai dari ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah, dimana biasanya tergantung dari fasilitas dan lokasi glamping tersebut

Jika camping cukup dengan menyewa tenda sederhana, maka glamping harus membayar mahal sebanding dengan hotel. Oleh karena itu, tingkat biaya glamping jauh lebih mahal.

Nah, itulah uraian mengenai perbedaan glamping dan camping yang dapat Anda ketahui. Selanjutnya, Anda sudah tidak akan salah ekspetasi lagi mengenai aktivitas glamping dan camping. Semoga uraian ini bermanfaat, ya!

error: Content is protected !!