6 Cara Main Paintball : Tips and Trik

cara main paintball

Sudah tahu bagaimana cara main paintball? Game adu tembak paintball memang semakin akrab dengan masyarakat Indonesia. Lantaran keseruan penuh taktik yang disajikan bahkan menjadikannya pilihan aktivitas berkeringat baru pecinta olahraga fisik.

Sebenarnya, apa itu paintball? Paintball adalah permainan tim dimana strategi adalah kunci untuk menang. Permainan ini menggunakan senapan udara mampat dan peluru cat, serta dimainkan secara tim maupun perseorangan di area lapangan.

Bagaimana Tips dan Trik Cara Main Paintball?    

Paintball gun play merupakan permainan seru yang membuat Anda terjun langsung membuktikan segala taktik bertahan hidup dengan serangan terhadap lawan. Adapun beberapa tips dan trik yang mungkin berguna untuk pendatang baru, yaitu:

  • Membawa perlengkapan pribadi seperti kaos kaki, seperti, dll.
  • Cermat saat menembak dengan peluru yang terbatas. Pastinya Anda tidak ingin keluar dari game pada saat game baru dimulai bukan?
  • Cerdik saat sembunyi, jangan pernah berdiam di area terbuka karena sudah jelas Anda akan menjadi sasaran tembak.
  • Jika sudah tertembak di babak death pertandingan babak terakhir, berikan peluru yang tersisa pada rekan satu tim yang masih bertahan.
  • Tim maju dan kepung lawan duluan sebelum tim Anda yang dikepung.
  • Penjualan cadangan, lebih baik maju dalam grup kecil daripada sendiri-sendiri.

Selain hal diatas, terdapat berbagai taktik lain yang harus Anda perhatikan jika ingin mengetahui cara main paintball yang baik dan bisa menang dengan mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Tandai Kawasan Mati/ Kawasan Pementasan

Jika Anda sudah paham mengenai rules paintball, cara main paintball pastikan juga semua orang tahu lokasi zona mati (atau kawasan pementasan), sehingga tidak akan menembak ataupun mendekatinya.

Zona mati adalah kawasan outbound yang berada di luar lapangan di mana orang pergi selepas mereka dikalahkan.

2. Buka dan Kunci Senjata   

Disarankan untuk mengunci senjata selama permainan sedang tidak berlangsung. Dalam mengunci dan membuat senjata tersebut, instruktur akan memandu Anda.

3. Jarak Tembak

Perlu diketahui, jarak tembak minuman adalah 4,5 sampai 5 meter. Jarak ini dibuat untuk keamanan, karena walaupun peluru mengenai masker tetapi percikan cat peluru tersebut bisa saja mengenai wajah dan perih jika mengenai mata.

4. Menetapkan Peraturan untuk Hit   

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara main paintball adalah menetapkan peraturan untuk hit. Hit adalah saat pemain tertembak dan wajib keluar dari area paintball.

Pada dasarnya tembakan yang sebenarnya di hitung adalah tembakan pada pelindung dada dan masker. Namun, masih banyak pemain yang memberlakukan hitungan tembakan pada tangan atau kaki.

5. Tidak Melepas Pelindung Wajah   

Dalam cara main paintball, jangan Anda melepaskan pelindung wajah atau masker dengan alasan apapun saat masih di area pertandingan.

Peluru dari jarak jauh dengan kecepatan penuh sangat mungkin mengenai mata dan wajah. Sering sekali tidak sengaja pemimpin yang tertembak, malah membuka masker karena dia harus keluar dari area perang, seharusnya tetapi pakai masker hingga zona aman.

6. Sportif dalam Permainan   

Seluruh pemain paintball diharapkan untuk selalu bermain jujur dan sportif. Jika terkena tembakan segeralah keluar area, tidak memberikan cat peluru (wiping) dan tidak melakukan kontak fisik dengan tim lawan.

Demikian artikel cara main paintball yang harus Anda perhatikan. Ingat, dalam paintball tak hanya tentang adu tembakan, melainkan setiap tim dirasa harus mengatur strategi jika agar dapat memang.

Semoga tips dan trik ini bermanfaat dan selamat mencoba!

error: Content is protected !!