6+ Jenis Tenda Camping dan Harganya

jenis tenda camping

Kegiatan camping seringkali menjadi pilihan masyarakat Indonesia ketika masa liburan. Selain karena hemat budget, hal ini bisa membuat kita menyatu dengan alam Indonesia yang indah. Namun, untuk memilih tenda camping tidak bisa serampangan. Kenali jenis tenda camping agar sesuai kebutuhan.

Nah, oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam tenda dan harganya agar Anda juga dapat menyesuaikan dengan budget Anda. Berikut adalah 6 jenis tenda camping yang perlu Anda tahu sebelum camping.

6 Jenis Tenda Camping dan Fungsinya

Sebelum memilih tenda seperti apa yang Anda bawa untuk camping, baiknya kenali macam-macam tenda dan fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis tenda dan fungsinya yang bisa Anda ketahui.

1. Tenda Kubah (Dome)

Jenis tenda yang kerap dibawa saat camping adalah tenda kubah (dome). Sebab, tenda ini cukup mudah dibawa karena mudah untuk didirikan. Tenda populer yang satu ini memiliki ciri khas pada bentuk tiang-tiangnya yang melengkung sebagai penyangganya. Cocok digunakan untuk spot yang ekstrim.

Di antara keunggulan lainnya dari tenda dome adalah memiliki harga yang terjangkau. Di pasaran saat ini harganya dibanderol kisaran Rp200.000 – 300.000-an. Namun, tenda ini tidak cocok di cuaca angin kencang dan salju.

2. Tenda Kubah Pop-up

Tenda Pop-up akhir-akhir ini banyak digunakan oleh para petualang untuk camping. Pasalnya, tenda ini sangat praktis untuk dijadikan tempat istirahat saat perjalanan. Namun, tenda ini hanya muat dua orang jaja. Selain itu, harganya pun lebih mahal, yakni kisaran Rp 1.000.000 – 1.500.000.

3. Tenda Tunel

Jenis tenda camping berikutnya adalah tenda tunel. Tenda ini cocok untuk Anda yang berpetualang bersama teman-teman Anda. Sebab, tenda ini muat banyak orang. Seperti namanya, bentuk tenda ini seperi terowongan memanjang dan memberikan ruang yang cukup lebar.

Namun, bentuknya yang lebih besar membuat jenis tenda camping ini akan lebih berat buat Anda yang membawanya. Selain itu, bentuk tenda ini tidak terlalu kuat dengan angin kencang. Pemasangannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Harga tenda tunel ini dibanderol sekitar Rp. 900.000 – 1.500.000-an.

4. Tenda Quick Pitch

Tenda jenis ini memiliki desain yang relatif lebih modern. Tenda ini diminati banyak petualang karena pemasangannya yang cukup mudah. Bahkan, bisa didirikan oleh satu orang saja. Dengan kelebihan tersebut, tenda ini memiliki harga yang cukup mahal.

5. Tenda Ridge

Jenis tenda ini memiliki bentuk yang lumayan klasik. Tenda ini tentu cukup populer ketika masa sekolah dulu. Sebab, tenda ini sering digunakan pada saat perkemahan pramuka. Jenis tenda ridge memiliki keunggulan desinnya yang kokoh.

Meski begitu, ternyata jenis tenda camping ini justru mengurangi ruang untuk tidur karena bentuknya yang miring. Ia juga memiliki berat yang lebih besar dibanding tenda lainnya. Harganya dibanderol sekitar Rp 600.000-an.

6. Tenda Keluarga

Tenda yang satu ini cukup ekslusif, mengingat kebutuhannya juga cukup tinggi. Sebab, saat camping bersama keluarga, tidak menutup kemungkinan untuk mengajak orang tua maupun anak-anak. Tenda ini memiliki banyak ruang untuk tidur. Bahkan, ruang itu dipisahkan dengan pintu masuk.

Karena desainnya yang rumit, jenis tenda camping ini butuh waktu pemasangan pun lebih sulit. Selain itu, tenda ini memiliki bobot yang cukup berat sebab ia terbuat dari bahan tenda yang bagus. Harganya juga lebih mahal dari tenda lainnya, yakni sekitar Rp 2.000.000 hingga 5.000.000-an.

Nah, itulah uraian Rejeki mengenai jenis tenda camping dan harganya. Semoga uraian ini bermanfaat buat Anda.

error: Content is protected !!